Manchester City Pastikan Gelar Juara Liga Inggris Usai Kalahkan West Ham 3-1

Selebrasi Phil Foden Usai Cetak Gol(Foto: Ig Man city

JBNN.Net | Manchester City sukses mengamankan gelar juara Liga Inggris setelah menundukkan West Ham United dengan skor 3-1 dalam laga pekan terakhir yang berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (19/5/2024) malam.

Kemenangan ini memastikan The Citizens meraih trofi tanpa harus bergantung pada hasil pertandingan Arsenal yang berada di posisi kedua dengan selisih dua poin.

Bacaan Lainnya

Pertandingan dimulai dengan intensitas tinggi dari tuan rumah. Phil Foden membuka keunggulan City saat laga baru berjalan dua menit, setelah menerima operan dari Bernardo Silva dan melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang West Ham.

Man City terus memberikan tekanan. Pada menit ke-9, Kevin de Bruyne hampir menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas yang berhasil ditepis oleh Alphonse Areola. Jeremy Doku juga nyaris mencetak gol pada menit ke-15 dengan tembakan keras yang memaksa Areola melakukan penyelamatan gemilang.

Phil Foden mencetak gol keduanya di menit ke-18. Doku yang beraksi di sisi kiri lapangan mengirim umpan matang yang melewati tiga pemain West Ham dan diselesaikan dengan apik oleh Foden ke pojok kanan gawang.

Erling Haaland hampir menambah keunggulan pada menit ke-25, namun gagal menyambut umpan silang Bernardo Silva. Tembakan De Bruyne pada menit ke-27 dan sundulan Josko Gvardiol juga belum mampu menambah skor.

West Ham berhasil menipiskan ketinggalan pada menit ke-43 lewat aksi Mohammed Kudus yang memanfaatkan kemelut di depan gawang City dan melakukan tendangan salto yang spektakuler. Skor 2-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Manchester City kembali menguasai permainan. Pada menit ke-60, mereka memperlebar keunggulan menjadi 3-1 melalui gol Rodri. Serangan rapi dari lini tengah diakhiri dengan umpan terukur dari Bernardo Silva yang diselesaikan dengan tendangan mendatar oleh Rodri ke pojok kanan bawah gawang West Ham.

City hampir menambah gol keempat pada menit ke-67 melalui sundulan jarak dekat Ruben Dias, namun bola melenceng tipis. Foden juga nyaris mencetak hat-trick pada menit ke-74 lewat eksekusi tendangan bebas yang hanya sedikit meleset ke kiri gawang.

Erling Haaland kembali melewatkan kesempatan emas pada menit ke-84 ketika gagal menanduk umpan lambung De Bruyne dari situasi bola mati. Penampilan apik Alphonse Areola di bawah mistar gawang West Ham mencegah City mencetak lebih banyak gol.

West Ham sempat membobol gawang City pada menit ke-88 melalui Tomas Soucek, namun gol tersebut dianulir karena bola mengenai lengan sebelum masuk ke gawang.

Dengan tidak adanya gol tambahan hingga peluit akhir dibunyikan, Manchester City memastikan kemenangan 3-1 dan mengamankan gelar juara Liga Inggris musim ini. Keberhasilan ini menambah koleksi trofi City, memperkuat dominasi mereka di kompetisi domestik beberapa tahun terakhir.

Manajer City, Pep Guardiola, memuji performa timnya yang tampil tenang dan efektif di laga krusial ini. “Kami menunjukkan kualitas dan mental juara hari ini. Saya bangga dengan semua pemain,” ujarnya setelah pertandingan.

Dengan hasil ini, Manchester City menutup musim dengan gemilang, sementara West Ham United harus puas mengakhiri musim tanpa kemenangan di pertandingan terakhir mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *