Harga Sembako Melonjak Jelang Idul Adha di Pasar Pagi Kuala Simpang

Pedagang Cabe Merah Pasar Pagi Kuala Simpang(Foto:Ricky Syahrudi/Jbnn.net)

JBNN.Net | Harga sejumlah bahan pokok di pasar pagi Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, mengalami kenaikan signifikan menjelang Hari Raya Idul Adha. Lonjakan harga ini memicu kekhawatiran di kalangan masyarakat dan pedagang setempat.

Harga daging sapi kini mencapai Rp 135 ribu per kilogram, meningkat drastis dari sebelumnya Rp 120 ribu. Tidak hanya itu, cabai merah juga mengalami kenaikan harga dari Rp 60 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram. Beras merk Ananda yang sebelumnya dijual seharga Rp 205 ribu per karung 15 kg, kini naik menjadi Rp 210 ribu.

Bacaan Lainnya

Kenaikan harga tidak berhenti di situ. Gula pasir yang tadinya Rp 17 ribu kini menjadi Rp 18 ribu per kilogram, sementara minyak curah naik dari Rp 16 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilogram. Cabai hijau yang sebelumnya Rp 30 ribu melonjak menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Cabai rawit dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram dan bawang merah dari Rp 45 ribu kini mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

Lalu,  harga ayam potong per ekor juga naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 65 ribu, sementara telur ayam dari Rp 47 ribu menjadi Rp 50 ribu per papan.

Saiful, salah seorang pedagang sembako grosiran, menjelaskan bahwa kenaikan harga ini dipicu oleh tingginya permintaan dan terbatasnya produksi, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha. “Untuk saat ini karena produksinya juga mungkin terbatas tapi pembeli juga banyak, biasanya dipakai untuk buat lontong apalagi kan sudah dekat mau lebaran haji,” ujar Saiful. Meskipun harga sembako merangkak naik, daya beli masyarakat tetap tinggi, lanjutnya.

Namun, di sisi lain, Ani, seorang warga setempat, mengeluhkan kenaikan harga sembako yang memberatkan. “Harga cabai naik terus, ya kalau bisa jangan mahal-mahal kami ini kan rakyat susah cari duit,” kata Ani, berharap agar pemerintah memberikan perhatian terhadap kenaikan harga bahan pokok.

Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat, dua hari lalu, Pj Bupati Asra meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM). Gerakan ini diharapkan dapat membantu menstabilkan harga dan menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau bagi warga Kuala Simpang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *